« »

04 Oktober 2012

Analisis Faktor Konfirmatori


Analisis faktor konfirmatori atau sering disebut Confirmatory Factor Analysis (CFA) digunakan untuk menguji dimensionalitas suatu konstruk, yaitu melakukan pengukuran model (measurement model) untuk menguji validitas dan reliabilitas dari indikator-indikator pembentuk konstruk laten tersebut.

Seperti yang telah diterangkan pada postingan yang lalu, bahwa suatu konstruk dapat berbentuk unidimensional atau multidimensional. Untuk melakukan CFA terdapat perbedaan, dimana bentuk unidimensional dapat dilakukan dengan First Order Confirmatory Factor Analysis, dan bentuk multidimensional dapat dilakukan dengan Second Order Confirmatory Factor Analysis.

Berikut ini contoh dari bentuk unidimensional yang dilakukan dengan First Order Confirmatory Factor Analysis:

Dari hasil output estimasi LISREL di atas dapat dilihat bahwa semua indikator pembentuk konstruk first order kepuasan kerja memiliki nilai loading factor > 0,50 sehingga dapat disimpulkan bahwa semua indikator adalah valid. Dapat dilihat pula bahwa hasil goodness of fit model sangat baik.

Berikut ini contoh dari bentuk multidimensional dapat dilakukan dengan Second Order Confirmatory Factor Analysis:


Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info