Contoh, suatu perusahaan mengembangkan produk baru dengan memberi value added terhadap produk lama. Perusahaan ingin mengetahui pengaruh value added tersebut terhadap preferensi pilihan konsumen apakah sama atau tidak. Berikut data sampling preferensi konsumen yang diambil secara random:
Ada dua langkah dalam melakukan analisis Binomial Test. Langkah pertama adalah memberi bobot data dan langkah kedua adalah analisis Binomial.
Untuk memberi bobot pada data dapat Anda lakukan dengan langkah sebagai berikut :
- Buka file Binomial Test
- Klik Data > Weight Cases pada menu sehingga kotak dialog Weight Cases muncul.
- Pada Weight Cases by dan masukkan variabel jumlah pada kotak Frequency Variable
- Klik OK.
Selanjutnya langkah kedua, analisis Binomial :
- Klik Analyze > Nonparametrik Test > Binomial Test pada menu sehingga kotak Binomial Test muncul.
- Masukkan variabel produk pada kotak Tes Variable List. Secara default Get from data pada kotak Expected Range dan ketik 0.5 pada kotak Test Proportion akan terpilih
- Klik OK.
Keterangan :
Pada tabel Binomial Test, kolom Observed Prop merupakan proporsi dari kedua kelompok, Group I (produk baru) = 157/282 = 0.56, dan Group 2 (produk lama) = 125/282 = 0.44.
Hipotesis :
- Ho : tidak ada perbedaan preferensi konsumen akan produk
- Ha : ada perbedaan preferensi konsumen akan produk
Asymp Sig (2-tailed) (0,05) > a (0,05), maka Ho diterima. Jadi tidak ada perbedaan maka preferensi akan produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar