20 Februari 2012

Binomial Test

Binomial test. Prosedur tes binomial membandingkan suatu proporsi case pengamatan dengan proporsi yang diharapkan berbasis pada distribusi binomial dengan penetapan parameter probabilitas. Secara default parameter probabilitas untuk kedua kelompok adalah 0,4, namun Anda dapat mengubah parameter probabilitas tersebut sesuai dengan kasus yang Anda hadapi.

Contoh, suatu perusahaan mengembangkan produk baru dengan memberi value added terhadap produk lama. Perusahaan ingin mengetahui pengaruh value added tersebut terhadap preferensi pilihan konsumen apakah sama atau tidak. Berikut data sampling preferensi konsumen yang diambil secara random:

olah data, skripsi, tesis, disertasi, belajar SPSS, tutorial SPSS, kumpulan skripsi, kumpulan tesis, kumpulan disertasi, teknik analisis, free download, jurnal skripsi manajemen, akuntansi, ekonomi, keuangan, administrasi, perbankan, metodologi riset, statistik, konsultan statistik, konsultan SPSS

Ada dua langkah dalam melakukan analisis Binomial Test. Langkah pertama adalah memberi bobot data dan langkah kedua adalah analisis Binomial.

Untuk memberi bobot pada data dapat Anda lakukan dengan langkah sebagai berikut :

  • Buka file Binomial Test

  • Klik Data > Weight Cases pada menu sehingga kotak dialog Weight Cases muncul.

  • olah data, skripsi, tesis, disertasi, belajar SPSS, tutorial SPSS, kumpulan skripsi, kumpulan tesis, kumpulan disertasi, teknik analisis, free download, jurnal skripsi manajemen, akuntansi, ekonomi, keuangan, administrasi, perbankan, metodologi riset, statistik, konsultan statistik, konsultan SPSS
  • Pada Weight Cases by dan masukkan variabel jumlah pada kotak Frequency Variable

  • Klik OK.


Selanjutnya langkah kedua, analisis Binomial :

  • Klik Analyze > Nonparametrik Test > Binomial Test pada menu sehingga kotak Binomial Test muncul.

  • olah data, skripsi, tesis, disertasi, belajar SPSS, tutorial SPSS, kumpulan skripsi, kumpulan tesis, kumpulan disertasi, teknik analisis, free download, jurnal skripsi manajemen, akuntansi, ekonomi, keuangan, administrasi, perbankan, metodologi riset, statistik, konsultan statistik, konsultan SPSS
  • Masukkan variabel produk pada kotak Tes Variable List. Secara default Get from data pada kotak Expected Range dan ketik 0.5 pada kotak Test Proportion akan terpilih

  • Klik OK.

olah data, skripsi, tesis, disertasi, belajar SPSS, tutorial SPSS, kumpulan skripsi, kumpulan tesis, kumpulan disertasi, teknik analisis, free download, jurnal skripsi manajemen, akuntansi, ekonomi, keuangan, administrasi, perbankan, metodologi riset, statistik, konsultan statistik, konsultan SPSS
Keterangan :

Pada tabel Binomial Test, kolom Observed Prop merupakan proporsi dari kedua kelompok, Group I (produk baru) = 157/282 = 0.56, dan Group 2 (produk lama) = 125/282 = 0.44.

Hipotesis :

  • Ho : tidak ada perbedaan preferensi konsumen akan produk

  • Ha : ada perbedaan preferensi konsumen akan produk


Asymp Sig (2-tailed) (0,05) > a (0,05), maka Ho diterima. Jadi tidak ada perbedaan maka preferensi akan produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar