Blog Personal tentang tips Belajar SPSS dan Statistik.

One Way Analysis of Variance (ANOVA)



Untuk ilustrasi ini, kita ambil contoh data bawaan dari program SPSS dengan nama file employee data. Data ini terdiri dari sepuluh kolom dengan nama variabel sebagai berikut, kolom 1 id (identitas responden), kolom 2 gender, kolom 3 bdate (tanggal lahir), kolom 4 educ (lama pendidikan dalam tahun), kolom 5 jobcat (kategori lerka yang dibagi menjadi clercal, custodial dan manager), kolom 6 salary (gaji sekarang dalam dollar), kolom 7 salbegin (gaji awal dalam dollar). Kolom 8 jobtime (lama kerja dalam bulan), kolom 9 (pengalaman sebelumnya dalam bulan), dan kolom 10 minoritas.

Langkah analisis :
  • buka file
  • dari menu utama SPSS, pilih menu Statistics/Analyze kemudian pilih submenu General Linear Model, lalu pilih Univariate.
  • Tampak dilayar tampilan windows Univariate.
  • Pada kotak Dependent variabel isika current salary (salary).
  • Pada kotak Fixed factors isikan variabel Independent kategori yaitu employment category (jobcat).

    one way anova
  • pilih option dan pilih homogeneity test.
  • pilih Post Hoc, pindahkan variabel Jobcat ke kotak Post Hoc test for.
  • Pilih Bonferon dan Tukey, lalu Continue dan OK.

    one way anova

output :

one way anova, levens test of equality of error variances

Hasil uji levene test menunjukkan bahwa nilai F test sebesar 59,733 dan signifikan pada 0,05 yang berarti hipotesa nol yang menyatakan variance sama ditolak. Atau dengan kata lain variance tidak sama yang berarti menyalahi asumsi Anova. Untuk mengatasi hal ini data dapat dirubah dalam bentuk fungsi lain seperti log, akar dan sebagainya. Oleh karena Anova robust, maka kita tetap dapat melanjutkan analisis.

output:

one way anova, test of between subjects effects

Dari output SPSS terlihat bahwa nilai F hitung untuk variable intercept sebesar 2832,005 dan signifikan pada 0,05 begitu juga dengan variabel jobcat dengan nilai F hitung 434,481 dan signifikan pada 0,05.

Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan gaji antara jobcat (kategori pekerjaan). Besarnya adjusted R squared = 0,647 yang berarti variabilitas gaji yang dapat dijelaskan oleh variabilitas kategori pekerjaan sebesar 64,7%. Berapakah besarnya perbedaan gaji antar kategori kerja dapat dilihat pada output Turkey tests dan Bonferoni test.

output:

one way anova, multiple compharisons

Hasil Turkey HSD maupun Bonferoni menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata gaji antara pegawai clerical dengan custodial terdapat perbedaan gaji sebesar $3.100,55 tetapi perbedaan ini tidak signifikan secara statistic yaitu dengan sig = 0,277 di atas 0,05. Terdapat perbedaan gaji antara pegawai clerical dengan manager yaitu sebesar $36.139,26 dan signifikan pada 0,05. begitu juga terdapat perbedaan gaji antara pegawai custodial dengan manager sebesar $ 33.038,91 dan signifikan pada 0,05.

output:

one way anova

Oleh karena rata-rata gaji pegawai clerical dan custodial tidak berbeda maka ada pada satu subset kolom pertama, sedangkan rata-rata gaji manager berbeda dengan pegawai clerical dan custodial, maka ada pada subset sendiri di kolom kedua.
Ayo Like Facebooknya
Tag : ANOVA, SPSS, Uji Beda

Share this:

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.

feedburner


Anda telah membaca artikel :
One Way Analysis of Variance (ANOVA)
Semoga bermanfaat, Terima kasih.
Cara style text di komentar Disqus:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top