Blog Personal tentang tips Belajar SPSS dan Statistik.

Odd Ratio

Odds ratio (OR) adalah ukuran hubungan antara paparan dan hasil. OR menunjukkan kemungkinan bahwa hasil akan terjadi mengingat paparan tertentu, dibandingkan dengan kemungkinan hasil yang terjadi tanpa adanya paparan itu.

Odds ratio (OR) adalah ukuran hubungan antara properti tertentu A dan properti kedua B dalam suatu populasi. Secara khusus, ini memberitahu Anda bagaimana ada atau tidaknya properti A memiliki efek pada ada atau tidak adanya properti B.

Odds ratio (OR) juga digunakan untuk mencari tahu apakah paparan tertentu (seperti makan daging olahan) merupakan faktor risiko untuk hasil tertentu (seperti kanker usus besar), dan untuk membandingkan berbagai faktor risiko untuk hasil tersebut. Anda bisa menggunakan OR untuk mengetahui seberapa banyak penggunaan alkohol mengarah pada penyakit hati. Atau Anda mungkin ingin mengetahui apakah penggunaan telepon seluler memiliki kaitan dengan kanker otak. Selama Anda memiliki dua properti yang Anda pikir terhubung, Anda dapat menghitung peluangnya.

Anda memiliki dua pilihan untuk rumus:

(a / c) / (b / d)

atau, dengan kata lain:

(a * d) / (b * c)

1. Hitung peluang bahwa seorang anggota populasi memiliki properti "A". Anggap orang itu sudah memiliki "B."

2, Hitung peluang bahwa seorang anggota populasi memiliki properti "A". Asumsikan orang tersebut tidak memiliki "B."

3. Bagilah langkah 1 dengan langkah 2 untuk mendapatkan odds ratio (OR).

Odd Ratio

Gambar di atas menunjukkan dua tingkat paparan es krim: mereka yang memakannya, dan yang tidak. Tabel 2 × 2 juga menunjukkan dua tingkat hasil: orang yang sakit ("kasus") dan orang yang tidak ("kontrol"). Odds ratio dihitung sebagai berikut:

Orang yang sakit: orang yang makan es krim / orang yang tidak = 13/17

Orang yang tidak sakit: orang yang makan es krim / orang yang tidak = 32/23

Membagi dua hasil, kita dapatkan (13/17) / (32/23) = 0,55

Odds ratio yang dihasilkan sebesar .55 berarti orang yang sakit sekitar setengah lebih mungkin untuk makan es krim juga orang.

Penafsiran Rasio Ganjil

Odds ratio tepat 1 berarti bahwa paparan ke properti A tidak mempengaruhi peluang properti B.Odds ratio lebih dari 1 berarti bahwa ada kemungkinan yang lebih tinggi dari properti B terjadi dengan paparan ke properti A.Rasio odds kurang dari 1 dikaitkan dengan odds yang lebih rendah.

Namun tidak sesederhana itu. Anda dapat menganggap rasio peluang sebagai terlalu sedikit sederhana dalam menggambarkan situasi dunia nyata. Jika, misalnya, Anda memiliki OR positif, itu tidak berarti bahwa Anda memiliki hasil yang signifikan secara statistik. Untuk mengetahui hal itu, Anda perlu mempertimbangkan interval keyakinan dan nilai-p (jika Anda mengetahuinya). Masalah lainnya adalah bahwa bahkan jika Anda menentukan hasil Anda signifikan secara statistik, signifikansi itu mungkin tidak berlaku untuk semua anggota populasi - hampir selalu ada banyak faktor yang terkait dengan risiko. Sebagai contoh bahwa secara keseluruhan, depresi sangat terkait dengan bunuh diri, "... dalam sampel tertentu, dengan ukuran dan komposisi tertentu, dan di hadapan variabel lain, asosiasi mungkin tidak signifikan."

Ayo Like Facebooknya
Tag : Probabilitas

Share this:

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.

feedburner


Anda telah membaca artikel :
Odd Ratio
Semoga bermanfaat, Terima kasih.
Cara style text di komentar Disqus:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Back To Top