Blog Personal tentang tips Belajar SPSS dan Statistik.

Multivariate Analysis of Variance (MANOVA)

Manova atau Multivariate Analysis of Variance. Perbedaan utama antara Anova dan Manova terletak pada banyaknya jumlah variabel dependennya. Pada manova jumlah variabel dependen lebih dari satu (metrik atau interval) dan variabel independen jumlahnya dapat satu atau lebih (non-metrik atau nominal). Apabila kita memasukkan variabel covariate pada variabel independennya maka menjadi Multivariate Analysis of Covariance atau Mancova.

Sebagai misal kita ingin mengetahui apakah rata-rata gaji sekarang dan pengalaman kerja (prevexp) berbeda ataukah sama untuk kategori pekerjaan (jobcat).

Langkah analisis:

a. buka file employee data.sav

b. dari menu utama SPSS, pilih Statistic -> Analyze, kemudian pilih submenu General Linear Model dan pilih Multivariate.

manova

c. pada dependent variabel isikan dua variabel metrik salary (gaji) dan prevexp (pengalaman kerja sebelumnya).

d. pada fixed factor isikan jobcat (kategori pekerjaan)

e. pada kotak Option pilih Homogeneity tests (untuk menguji variance populasi denpenden variabel).

f. pilih Continue -> OK.

ouput:

manova

Hasil Levene's test digunakan untuk menguji varian tiap-tiap variabel dependen sama atau tidak (asumsi Manova). Untuk variabel gaji (current salary) ternyata signifikan pada 0,05 yang berarti memiliki varian yang berbeda dan hal ini menyalahi asumsi Manova yang harus mempunyai varian yang sama. Variabel pengalaman kerja sebelumnya ternyata tidak signifikan pada 0,05 yang berarti memiliki varian yang sama sesuai dengan asumsi. Walaupun asumsi varian sama dilanggar, tetapi manova masih robust sehingga dapat kita teruskan analisisnya.

manova

Uji Box's test digunakan untuk menguji asumsi Manova yang mensyaratkan bahwa matrik varian/caovarian dari variabel dependen adalah sama. Terlihat bahwa nilai Box's M test adalah 220,377 dengan probabilitas signifikan 0,00 sehingga hipotesa nol ditolak. Hasil uji ini menyalahi asumsi Manova. Oleh karena manova robust, maka anallisis masih dapat kita teruskan.

manova

Uji multivariate diggunakan untuk menguji apakah ada perbedaan rata-rata, gaji dan pengalaman kerja sebelumnya untuk setiap kategori pekerjaan (jobcat). Keputusan danalisis dengan Pillai Trace. Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy's dan F test. Hasil semua test jobcat signifikan pada 0,05 sehingga dapat disimpulkan kedua variabel gaji dan pengalaman kerja sebelumnya berbeda untuk tiap-tiap kategori kerja (jobcat).

Hasil uji between subject effects menunjukkan bahwa hubungan antara jobcat dengan salary memberikan nilai F hitung 434,481 dengan signifikan 0,00. Hal ini berarti ada perbedaan gaji antara kategori pekerjaan. Begitu juga dengan hubungan antara jobcat dan pengalaman kerja sebelumnya memberikan nilai F hitung 69,192 dengan tingkat signifikansi 0,000. Hal ini berarti terdapat perbedaan pengalaman kerja sebelumnya antar kategori pekerjaan.

manova
Ayo Like Facebooknya
Tag : MANOVA, SPSS, Uji Beda

Share this:

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.

feedburner


Anda telah membaca artikel :
Multivariate Analysis of Variance (MANOVA)
Semoga bermanfaat, Terima kasih.
Cara style text di komentar Disqus:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top